Upaya Optimalisasi Peran KORPRI Di Era Otonomi Daerah

UPAYA OPTIMALISASI PERAN KORPRI DI ERA OTONOMI DAERAH

Disusun Untuk Memenuhi Tugas

Mata Kuliah Penulisan Karya Ilmiah

Dosen Pengampu Drs. Sabar Narimo, MM.M.Pd

unduhan

Disusun oleh

Puji Winarsih

A 210100022

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI AKUNTANSI

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA

2011/2012

 A.    Pendahuluan

Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) organisasi kedinasan bagi Pegawai Negeri dan bukan lagi sebagai organisasi diluar kedinasan. Korpri kedepan harus mampu berbuat dan mengambil peran aktif dalam membina, membimbing dan mengayomi PNS di pusat dan daerah, karena Korpri adalah satu satunya wadah tempat curhatnya Pegawai Negeri dalam pengembangan karier.

Adanya Korpri diharapkan dapat memberikan pengaruh positif bagi Pegawai Negri Sipil (PNS) agar lebih mengoptimalkan kinerja di era otonom agar lebih baik. Namun apakah peranan Korpri sudah sesuai dengan disusunnya tujuan tersebut?

Rangkaian masalah yang akan dibahas dalam makalah ini yaitu (1) Adakah upaya optimalisasi peran Korpri di era otonomi daerah? (2) Adakah pengaruh antara fungsi Korpri dengan upaya optimalisasi peran korpri di era otonomi daerah?

Tujuan disusunnya makalah ini adalah (1) Untuk mengetahui adanya upaya optimalisasi peran Korpri di era otonomi daerah. (2) Untuk mengetahui adanya pengaruh antara fungsi Korpri dengan upaya optimalisasi peran korpri di era otonomi daerah.

 B.     Pembahasan

1. Upaya Optimalisasi Peran KORPRI Di Era Otonomi Daerah

Korpri yang didirikan pada tanggal 29 Nopember 1971 berdasarkan Keppres No. 82/1971, merupakan wadah untuk menghimpun seluruh Pegawai Republik Indonesia. Korpri memiliki Visi akan mewujudkan Organisasi Korpri yang kuat, netral, demokratis untuk membangun Jiwa Korps (korsa) Pegawai Republik Indonesia dan mensejahterakan anggota dan keluarga. Korpri memiliki Misi antara lain akan mewujudkan organisasi Korpri yang kuat, berwibawa dan mencakup seluruh tingkat kepengurusan, membangun solidaritas Pegawai Republik Indonesia sebagai perekat dan alat pemersatu bangsa dan negara.

Korpri dibentuk dalam rangka upaya meningkatkan kinerja, pengabdian dan netralitas Pegawai Negeri, sehingga dalam pelaksanaan tugasnya sehari-hari lebih dapat berdayaguna dan berhasil guna. Upaya yang dapat dilakukan oleh Korpri (Korps Pegawai Republik Indonesia) Pertama, berupaya melakukan sosialisasi Korpri sebagai organisasi kedinasan bagi Pegawai Negeri. Kedua, melakukan perubahan paradigma atau mind setting dalam melakukan pembinaan kepada Pegawai Negeri yang terhimpun dalam wadah Korpri. Ketiga, melakukan pembinaan, bimbingan terhadap Pegawai Negeri ke arah yang lebih baik. Keempat, meningkatkan peran pegawai Republik Indonesia agar lebih berdaya guna dan berhasil bagi kepentingan masyarakat, bangsa dan negara, perlu diimbangi dengan peningkatan kesejahteraan Pegawai Republik Indonesia dan keluarganya.

2. Pengaruh Antara Fungsi Korpri Dengan Optimalisasi Peran Korpri Di Era Otonomi Daerah

Korpri memiliki fungsi yang sangat berpengaruh terhadap optimalisasi peran korpri agar lebih efektif dan efisien. Korpri dibentuk dalam rangka upaya meningkatkan kinerja, pengabdian dan netralitas Pegawai Negeri, sehingga dalam pelaksanaan tugasnya sehari-hari lebih dapat berdayaguna dan berhasil guna. Dibentuknya Korpri mempunyai fungsi 1. Perekat persatuan dan kesatuan bangsa 2. Pelopor peningkatan kesejahteraan dan profesionalitas anggota 3. Pelindung dan pengayom anggota 4. Pendorong peningkatan taraf hidup sosial ekonomi masyarakat dan lingkungannya 5. Pelopor pelayanan publik dalam mensukseskan program – program pembangunan 6. Mitra aktif dalam perumusan kebijakan instansi yang yang bersangkutan, sesuai dengan ketentuan peraturan perundang – undangan yang berlaku 7. Pencetus ide, serta pejuang keadilan dan kemakmuran bangsa.

 

C.    Penutup

Adanya pembahasan diatas dapat menyimpulkan bahwa adanya upaya optimalisasi peran KORPRI di era otonomi daerah. Pertama, berupaya melakukan sosialisasi Korpri sebagai organisasi kedinasan bagi Pegawai Negeri. Kedua, melakukan perubahan paradigma atau mind setting dalam melakukan pembinaan kepada Pegawai Negeri yang terhimpun dalam wadah Korpri. Ketiga, melakukan pembinaan, bimbingan terhadap Pegawai Negeri ke arah yang lebih baik. Keempat, meningkatkan peran pegawai Republik Indonesia agar lebih berdaya guna dan berhasil bagi kepentingan masyarakat, bangsa dan negara, perlu diimbangi dengan peningkatan kesejahteraan Pegawai Republik Indonesia dan keluarganya. Selain itu Korpri memiliki fungsi yang sangat berpengaruh terhadap optimalisasi peran korpri agar lebih efektif dan efisien. Dibentuknya Korpri mempunyai fungsi 1. Perekat persatuan dan kesatuan bangsa 2. Pelopor peningkatan kesejahteraan dan profesionalitas anggota 3. Pelindung dan pengayom anggota 4. Pendorong peningkatan taraf hidup sosial ekonomi masyarakat dan lingkungannya 5. Pelopor pelayanan publik dalam mensukseskan program – program pembangunan 6. Mitra aktif dalam perumusan kebijakan instansi yang yang bersangkutan, sesuai dengan ketentuan peraturan perundang – undangan yang berlaku 7. Pencetus ide, serta pejuang keadilan dan kemakmuran bangsa.

 

 

 DAFTAR PUSTAKA

Zainul Karoman. 2011.Optimalisasi Peran Korpri Di Era Otonomi Daerah” (online), (http://www.kotaprabumulih.go.id/?act=artikel_detilHYPERLINK “http://www.kotaprabumulih.go.id/?act=artikel_detil&id=104″&HYPERLINK “http://www.kotaprabumulih.go.id/?act=artikel_detil&id=104″id=104, diakses tanggal 6 Desember 2011, jam 10:17).

Samsuri, T.2011. “Peran Korpri Dalam Masyarakat” (online), (http://peloporpendidikan.blogspot.com/2011/06/peran-korpri-dalam-masyarakat.html, diakses tanggal 6 Desember 2011, jam 10:17).

Hendrawan. 2011. “funfsi korpri” (online), (http://www.depdag.go.id/korpri/fungsi.php, diakses tanggal 6 Desember 2011, jam 10:17).

Nasucha, Yakub, dkk. 2010 Bahasa Indonesia Untuk Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Yogyakarta: Media Perkasa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: